ILMU TAKE

ILMU KESEHATAN

LightBlog
Responsive Ads Here

Jumat, 02 Oktober 2015

Buruknya Ngemil di Malam Hari untuk Tubuh dan Otak




Bagi Anda yang suka mengonsumsi makanan ringan atau ngemil saat malam hari, sebaiknya menghentikan kebiasaan buruk itu mulai sekarang. Ngemil di malam hari bukan hanya tidak baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga berpengaruh bagi kemampuan otak kita.
Mengonsumsi makanan di atas pukul 19.00, misalnya, adalah hal yang perlu dihindari. Hal ini disebabkan makananan yang dicerna oleh tubuh akan berubah menjadi lemak sehingga akan menyebabkan beberapa penyakit seperti obesitas maupun diabetes apabila kebiasaan tersebut tidak bisa dikontrol dengan baik.
Hasil penelitian pada jurnal Current Biology yang dipublikasikan pada 21 Februari 2013 menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang tidak sesuai dengan jam biologis akan menyebabkan kegemukan walaupun dengan asupan kalori yang sama.
Hal yang sama juga dikatakan oleh Carl Jhonson, kronobiologis di Vanderbit University (dikutip LiveScience), bahwa mengganggu jam biologis akan mengganggu metabolisme karena adanya kecenderungan menimbun lemak. (sumber: tempo.co)
Kemudian, hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa selain mengakibatkan kegemukan, mengonsumsi makanan saat malam hari akan berdampak buruk pada kemampuan kognitif dan daya ingat. Dan hal ini tidak hanya terjadi pada orang yang ngemil di malam hari tetapi juga orang yang melakukan shift malam karena juga mengganggu jam biologis.
Christopher Colwell dari University of California, seperti dikutip oleh Health Me Up, mengatakan bahwa manusia tidak bisa mengubah jam tubuh dengan makan dan bekerja kapan saja karena itu akan menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan tubuh serta kemampuan otak.
sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar